Menu Tutup

Tips Membuat Garasi Rumah

Desain tanpa judul 18

   Setiap rumah pastinya memiliki kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi biasanya di parkir di area sekitar rumah. Kendaraan yang berada di luar rumah biasanya rentan terjadi kejahatan. Lebih baik memarkirkan sepeda motor atau mobil di dalam rumah. Sehingga kendaraan pribadi tidak mengganggu tetangga sekitar, selain itu rumah menjadi lebih rapi.

garasi

   Tentunya setiap sebelum membeli motor ataupun mobil Anda pastinya memikirkan akan di parkirkan dimana kendaraan pribadi Anda. Tempat memarkirkan kendaraan pribadi sering kita kenal dengan sebutan garasi. Pembuatan garasi rumah tentunya tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar pembuatan garasi rumah sesuai kebutuhan.

   Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika membuat garasi rumah:

1. Menentukan Lokasi Yang Pas

   Lokasi yang pas merupakan bahan pertimbangan utama dalam pembuatan garasi rumah. Jika Anda salah menentukan lokasi yang pas untuk garasi rumah Anda. Akan terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti susah memasukkan mobil sehingga rumah terlihat sempit.

garasi

2. Hitung Luas Garasi Anda

   Ketika membuat garasi rumah, tentunya harus mengukur seberapa luas garasi rumah Anda. Lokasi yang pas dengan pengukuran luas garasi yang baik, membuat garasi rumah Anda terlihat lebih.

   Rata-rata luas garasi rumah sebesar 2,4 x 4,8 meter persegi. Sedangkan untuk mobil yang cukup besar rata-rata membutuhkan luas lahan sekitar 3 x 6 meter persegi. Jika memiliki lahan terbatas, Anda bisa membuat garasi terbuka atau bergabung dengan teras depan dan tanpa pagar.

 

3. Tentukan Material Lantai Garasi

   Material lantai merupakan komponen yang penting untuk setiap ruangan. Jika pondasi lantai tidak kuat, bisa saja tidak kuat menanggung beban yang berat. Oleh karena itu, gunakan material lantai yang mampu menerima beban berat dan lantai ruang garasi di buat miring supaya air tidak menggenang agar bisa mengalir keluar ketika mencuci sebuah kendaraan di dalam ruang garasi.

lantai garasi

4. Pemasangan Kran Air

   Kendaraan pribadi yang sering digunakan untuk keluar rumah, pastinya cepat kotor. Apalagi ketika musim hujan, banyak air dan lumpur yang mengotori mobil maupun motor Anda. Kebanyakan masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan. Biasanya mencuci kendaraan di tempat pencucian motor ataupun mobil. 

   Sebagian masyarakat juga mencuci sendiri kendaraan mereka. Mencuci kendaraan biasanya di luar rumah. Jika ingin tetap mencuci kendaraan di dalam garasi, tentunya di dalam garasi rumah dilengkapi dengan kran air.

   Dalam memasang kran air juga perlu memikirkan saluran buang, supaya air yang mengalir langsung terbuang dan tidak menggenang yang dapat membuat ruang garasi menjadi kotor.

garasi dengan kran air

 

5. Tentukan Atap Garasi

   Atap garasi juga merupakan komponen yang penting bagi garasi rumah. Atap garasi yang banyak digunakan biasanya kanopi membran, namun harganya kurang ramah di kantong. Anda bisa memiliki material lainnya seperti UPVC, spandek, galvalum atau polikarbonat untuk harga yang lebih terjangkau.

atap garasi rumah

6. Cocokkan dengan Desain Rumah 

   Rumah yang memiliki ruang garasi sendiri biasanya memiliki desain yang berbeda dengan rumah. Ada juga yang desainnya sesuai dengan rumah. Desain penempatan ruang garasi biasanya berada di samping rumah. Agar tidak mengganggu bagian depan rumah dan tidak memerlukan banyak ruang. Anda bisa mempersiapkan desain seperti apa garasi rumah Anda.

garasi rumahrumah

7. Menentukan Pintu Garasi

   Garasi rumah yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan agar terhindar dari kejahatan tentunya harus memiliki keamanan yang cukup tinggi. Pintu garasi yang banyak digunakan masyarakat biasanya pintu garasi kayu atau pintu garasi besi. Pintu garasi besi yang keunggulannya awet dan kuat membuat pintu garasi ini banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu pintu garasi besi membuat rumah terkesan mewah.

Pintu Garasi Besi Sliding

   Banyak tips untuk membuat garasi rumah, salah satu tips di atas bisa Anda aplikasikan untuk perencanaan ruang garasi pada hunian rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *