Perbedaan Pintu Harmonika dan Rolling Door

Perbedaan Pintu Harmonika dan Rolling Door. Jika ditinjau secara kasat mata perbedaan antara rolling door dengan harmonica bisa dilihat dari cara buka atau tutupnya, dibawah ini kami membahas tentang:

1.Rolling Door

memiliki sistem buka tutup secara vertical ke atas dan ke bawah, menggulung slat daun pintu ke arah atas melalui piranti. Dan komponen yang terdapat pada box atas seperti pipa as, pully atau roda gulung dan per.

Pully dan spring atau per inilah yang bertugas menggulung slat pintu saat rolling door hendak dibuka dan mengulurnya ketika akan ditutup, pipa as merupakan pilar tempat tumpuan semua beban dari rolling door.

Terdiri dari satu daun pintu atau beberapa daun pintu yang dipisahkan dengan selat pada bagian tengahnya, dan beberapa jenis rolling door ada yang memiliki sistem buka tutup secara otomatis. Menggunakan mesin motor listrik/electrik atau biasa juga disebut Rolling Door Otomatis atau Rolling door Industri.

2. Harmonika

Pintu Harmonika memiliki ukuran lebih lebar dibanding rolling door karena jenis pintu ini memakai dua bilah pintu yang terdiri dari dua sisi rangka silang yang menyambung diantara plat UNP sebagai pilar pegangannya. cara kerjanya adalah di dorong ke arah samping kanan atau kiri menggunakan sistem sliding dimana pintu bertumpu pada rel hingga ketika di dorong rangka tersebut akan melipat, prinsip kerja folding gate sekilas mirip seperti alat musik akordeon.

Secara garis besar ada dua model yaitu pintu yang ditutup dengan slat daun. Sebagaimana banyak kita dapati pada ruko atau gudang pabrik .Dan harmonika yang bersifat transparan karena struktur rangkanya tidak dilapisi slat daun. Namun untuk memberi nilai estetika rangka tersebut dirangkai dengan berbagai macam bentuk dan model hingga terkesan artistik dan enak dipandang.

Dari sisi kekuatannya, pintu harmonica jauh lebih kuat dan kokoh untuk masa penggunaan jangka panjang. Selain kokoh dan kuat harmonika jauh lebih aman untuk segi keamanannya karena terdapat besi yang silang menyilang atau biasa disebut juga dengan rolling door harmonika.